Skip to main content

Berbagi Pengetahuan & Pengalaman Bekerja di Kapal Pesiar



Why?

·      Gaji

Dengan bekerja di kapal pesiar anda akan memperoleh gaji yang cukup jauh di atas UMR di Indonesia. Rata-rata gaji crew di kapal pesiar berkisar antara 500 - 2000 USD atau sekitar 7 Juta sampai 24 Juta Rupiah per bulan. Gaji anda tentu tergantung posisi, senioritas dan perusahaan tempat anda bekerja. Gaji rata-rata crew yang baru memulai karir dari posisi paling bawah ya berkisar antara 500 - 800 USD per bulan. Gaji akan terus naik sesuai kinerja anda. (Saya tidak menyebut tip karena sangat tidak menentu tergantung perusahaan dan penumpang dan banyak faktor lainnya, jumlahnya pun tidak menentu dan tidak bisa di pastikan berapa jumlah tip yang akan di dapat apakah puluhan atau ratusan dolar.) Perusahaan juga memperhitungkan hal ini, bagian yang memperoleh tip banyak biasanya memiliki gaji pokok yang lebih rendah daripada bagian yang tidak ada tipnya, jadi pada akhirnya jumlah gaji yang di terima tidak begitu jauh berbeda hanya karena tip.

·      Keliling Dunia

Anda bisa berkeliling dunia gratis, atau lebih tepatnya di bayar. Sejak anda menginjakkan kaki di atas kapal pesiar maka anda sudah seakan-akan berada di dunia lain. Hari ini anda buka jendela anda sedang berada di Turki, sedangkan besok pagi anda buka jendela anda sudah berada di Yunani, lusa sudah berada di Spanyol, dan seterusnya. Dunia akan terasa kecil. Nikmati sejauh anda tidak terkena seasick atau homesick.

·      Pengetahuan/Pengalaman

Bagi crew yang baru masuk ke kapal pertama kali ada begitu banyak hal baru yang harus di pelajari. Mulai dari peraturan Safety, etika bergaul sesama crew, kebijakan-kebijakan perusahaan, dan berjubel tugas-tugas baru di stasiun tempat anda akan bekerja. Ini menjadi tantangan yang sangat sangat sulit bagi pemula. Contohnya saya pada pertama kali di kapal tidak tahu di mana mencari ember, mop dan chemical untuk membersihkan lantai. Jangan anggap enteng karena terkadang benda2 sepele seperti ini bisa jadi barang berharga yang di sembunyikan crew agar mereka gampang menggunakannya kapanpun mereka butuh. Disinilah skill diplomasi dan bertanya anda di uji. Tanya baik-baik teman kerja, jika tidak di beritahu langsung lapor ke atasan agar mereka yang membantu. Setiap menit sangat berarti terkadang anda hanya punya waktu 30 menit atau 1 jam untuk membersihkan puluhan meja dan memvakum karpet yang sudah di penuhi remah-remah roti dan berbagai macam kotoran. Begitu banyak pekerjaan yang ada di atas kapal pesiar jika anda membuka mata anda akan menemukan ilmu baru di setiap sudut kapal dan di setiap orang yang anda temui. Anda bisa belajar bahasa baru juga. Karena di atas kapal pesiar biasanya crew berasal dari puluhan negara yang berbeda. Di kapal tempat saya bekerja ada 1000 crew lebih yang berasal dari 35 negara. Jadi bisa di bayangkan anda akan bekerja dengan orang yang dari Ukraine, Turki, Jerman, Philippine, India, Austria, Slovakia, Lithuania, Bosnia Herzegovina, Israel dan lain-lain. Anda perlu bersiap-siap menghadapi Culture Shock atau Perbedaan budaya dan tata krama yang drastis karena masing-masing warga negara memiliki budaya dan tata-cara yang berbeda yang di anggap aneh antara satu sama lain, jadi calm down dan be nice. Setelah selesai bekerja di kapal pesiar anda akan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang cukup berharga dan di jamin banyak perusahaan-perusahaan di dalam negeri yang akan tertarik mempekerjakan anda jika anda sudah bosan di laut.


Bagaimana cara agar bisa bekerja di kapal pesiar?

·      Lewat agen resmi

Cari agen yang memiliki kantor besar dan karyawan banyak yang memang sudah memiliki izin resmi dari pemerintah dan sudah memiliki track record memberangkatkan banyak orang, kalau bisa yang sudah di masuki oleh kenalan atau teman anda. Ada banyak sekali agen untuk bekerja di kapal pesiar, terutama di Bali dan di Jakarta. Contohnya ada PT. SBI Manning, PT. Ratu Oceania, PT. CTI, PT. Demarin, PT. CWT, dan sebagainya. Informasi biasanya bisa di dapat dari orang-orang yang sudah pernah bekerja di Kapal Pesiar. Anda bisa mencari informasi dari mereka dan langsung mengunjungi kantor agen yang di maksud sambal membawa surat lamaran, CV dan sertifikat-sertifikat anda. Jangka waktu bekerja di atas kapal pesiar paling lama adalah 10 bulan atau 300 hari, ini adalah peraturan IMO (International Maritime Organization) yang merupakan UUD bagi para pelaut internasional. Jadi setiap tahun akan selalu ada rekruitmen dari perusahaan-perusahaan kapal pesiar yang membutuhkan crew baru. Mereka mengedepankan yang sudah berpengalaman tapi selalu ada ruang untuk new joiner (crew baru) untuk mengisi posisi bawah karena faktor promosi dan pengembangan armada. Cara melamar di agen seperti biasa anda bawa surat lamaran (kalau bisa dalam bahasa inggris) karena ini bisa di baca oleh Bule perwakilan perusahaan. Di sertai CV dan semua copy sertifikat-sertifikat yang menunjukkan bahwa anda adalah orang yang berpendidikan dan berpengalaman dan siap untuk bekerja. Anda kemudian akan di panggil untuk di interview oleh pihak Agent. Jika lulus anda akan di interview lagi pada waktu yang berbeda oleh "User" atau Perwakilan Perusahaan kapal pesiar, mereka adalah Bule yang datang untuk memilih langsung crew-crew baru. Inetrviewnya biasanya pendek 5 - 10 menit karena jumlah orang yang harus di interview biasanya ratusan atau ribuan. Jika lolos tahap ini maka anda akan di beritahu proses selanjutnya oleh agen, prosesnya cukup panjang dan melelahkan. Ada training Basic Safety Training, Crowd Management, Crisis Management, Ship Security and Awareness. Anda harus Medical checkup. Vaksinasi Yellow Fever dan/atau MMR. Bikin Paspor. Bikin Seaman's Book. Bikin Visa. Legalisir Paspor dan Seaman's Book. Dan sebagainya yang bisa memakan waktu berbulan-bulan dan biaya berjuta-juta. Akan lebih hemat jika anda bisa mengurus dokumen-dokumen tersebut sendiri, tapi prosesnya njelimet. Tapi bukan tidak mungkin, akan saya jelaskan pada bagian berikutnya.

·      Daftar langsung online

Anda bisa mendaftar langsung ke perusahaan kapal pesiar yang ingin anda tuju. Kunjungi website perusahaan tersebut, misalnya Royal Caribbean, Celebrity Cruises, Carnival Cruises, TUI Cruises dan lain lain. Di sana pasti akan anda temukan bagian 'Career' nah klik di sana dan anda akan melihat cara melamar pekerjaan dan posisi-posisi yang available serta persyaratannya. Biasanya sih anda di minta mengirim surat lamaran di sertai CV dan copy sertifikat2 anda melalui email ke alamat yang di sebutkan di website tersebut. Jika anda di anggap eligible maka emali anda akan di balas, dan mereka akan meminta interview baik lewat skype ataupun telfon. Interview di skype sama saja dengan job interview pada umumnya. Misalnya anda ditanyakan mengenai pengalaman bekerja, kelebihan dan kekurangan anda dalam bekerja, alasan melamar di perusahaan tersebut, pencapaian dan kegagalan terbesar anda, dan pertanyaan-pertanyaan khas job interview lainnya. Jika lulus maka mereka akan menjelaskan proses selanjutnya yang perlu anda tempuh. Pada umunya perusahaan kapal pesiar memiliki hiring partner di Indonesia, jadi mungkin anda akan di arahkan untuk ke sana. Jika tidak, mereka yang akan membantu untuk meng-guide anda ke tahap-tahap selanjutnya sampai anda berangkat. Biasanya sih mereka hanya akan meminta anda mengirim scan pdf dari dikumen-dokumen wajib pelaut seperti:
·      Passport (48 halaman)
·      Buku Pelaut (Seaman’s Book)
·      Sertifikat Vaksinasi (Yellow Fever, MMR, Hepatitis) *Ini bervariasi tergantung perusahaan
·      BST (Basic Safety Training)
·      CCM (Crowd and Crisis Management)
·      SSAT (Ship Security Awareness Training)
·      PSCRB (Proficiency for Survival Craft and Rescue Boat)
·      Sertifikat Medikal dari klinik yang di akui perusahaan kapal tersebut
·      SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
·      Special Note: Anda harus selalu sedia fotokopi Ijasah, Transkrip Nilai, Akte Lahir, Kartu Keluarga, dan KTP, dan pas foto anda dengan ukuran standar 2x4, 4x6, dsb. Jika bisa semuanya di scan dan di upload di google drive karena akan selalu di butuhkan sewaktu-waktu pada saat yang tidak di duga-duga.

Sertifikat BST, CCM, SSAT, PSCRB bisa di dapat di lembaga training yang terakreditasi, mereka ada di Jakarta dan di Bali. Contohnya ada Bali Maritime Training Center, PT. Sinar Poseidon Gupita, Pertamina Maritime Training Center, dan lain lain anda bisa cek di google dengan memasukkan nama sertifikat di atas. Passport bisa di peroleh di kantor Imigrasi. Buku Pelaut bisa di dapat di dinas perhubungan dan kelautan. Sertifikat vaksinasi bisa di peroleh di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Medical certificate bisa di dapat dari klinik yang di anjurkan oleh perusahaan, nama kliniknya akan di beritahu oleh perusahaan atau agen anda.

Seaman’s Book masih perlu di stempel atau di sebut Endorsement, entah maksudnya apa yang jelas kantor imigrasi pelabuhan akan menstempel Seaman’s book anda untuk membuatnya legal. Passport juga perlu di stempel yang di sebut “Sign on” juga di lakukan di Kantor imigrasi pelabuhan, ini perlu di lakukan untuk mempermudah proses anda melewati imigrasi di airport ketika berangkat.

Pada saat saya menulis kalimat ini saya sedang menjalani proses pelengkapan dokumen sendiri tanpa di bantu agen ataupun calo manapun karena saya ingin tahu secara detail bagaimana proses berjalan dari awal hingga berangkat ke kapal. Mengurus sendiri ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya adalah anda lebih hemat dan dapat ilmu. Kekurangannya anda repot harus keliling ke kantor ini dan itu untuk melengkapi dokumen-dokumen anda.


Kehidupan di atas Kapal Pesiar

·      The Good

Hampir semua kebutuhan mendasar bahkan mewah itu gratis. Cabin di lengkapi AC, TV, Toilet, Shower, dan Loker. Ada cabin yang share berdua dan berempat. Makan dan minum sepuasnya gratis. Ada gaming room dan alat karaoke. Ada Gym. Kadang-kadang ada Crew Tour ke tempat-tempat terkenal dengan biaya murah atau gratis. Keamanan dan Ketertiban di atas kapal sangat di utamakan, segala bentuk tindak kekerasan dan pelecehan akan di hukum dengan pemecatan dan hukum yang berlaku di negara dimana kapal berada pada saat itu. Bisa keliling dunia. Gaji jauh di atas UMR di Indonesia, walaupun sangat standar bahkan rendah untuk standar Europe atau US. Bisa bertemu dengan begitu banyak orang dari berbagai macam negara. Bisa meraup ilmu yang cukup banyak.

·      The Bad

Jauh dari keluarga di rumah. Ini sangat berat bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Anda akan banyak mengalami culture shock karena bertemu dengan banyak orang dari negara yang berbeda-beda yang memiliki adat istiadat yang berbeda dengan kita. Makanan lengkap tetapi tidak sama dengan makanan di rumah. Tidak selalu sesuai dengan lidah kita. Susah memperoleh sambal. Tidak ada hari libur sama sekali. Jadwal kerja sangat padat dan strict. Harga barang-barang di Eropa dan di Amerika muahal.

·      The Ugly

Anda di gaji hanya ketika anda di kapal. Kalau sudah vacation perusahaan biasanya hanya memberi pesangon (Vacation Pay) yang jumlahnya bermacam-macam. Ini juga karena factor jumlah crew kapal yang puluhan ribu sedangkan agen yang mengurus hanya beberapa saja. Tidak cukup resource untuk menjamin kesejahteraan semua crew ketika mereka sudah di luar kapal. Ketika masa kerja selesai anda harus urus semua hampir dari awal. Tidak ada jaminan hari tua atau pension. Jadi pekerjaan di kapal itu cenderung di jadikan batu loncatan untuk mengumpulkan modal untuk memperoleh karir atau bisnis yang lebih berjangka panjang.
Di sini kemapuan planning kita benar-benar di uji.

Selamat mencoba dan Cheers!!! :)

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kita Bisa Berenang di Kolam Penyimpanan Sisa Bahan Bakar Nuklir? Spent Nuclear Fuel Pool - The Forbidden Pool

Ini adalah foto kolam penyimpanan sisa bahan bakar reaktor nuklir. Katanya kalau renang di sana anda tidak akan kena radiasi mematikan kecuali mendekati batang-batang nuklir (rods) yang di simpan di peti di dasar kolam. Suhu air dalam kolam juga tidak begitu panas sekitar 35 derajat Celcius karena kolam selalu di isi ulang dengan air dingin murni secara berkala. Sementara di dalam reaktor yang aktif beroprasi batang2 nuklir (rods) bisa membuat air mendidih sampai 300 derajat Celcius sehingga menghasilkan uap yang di alirkan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Jika air pendingin tidak di ganti secara berkala itu bisa mengakibatkan bencana nuclear meltdown seperti yang terjadi di Chernobyl dimana reaktor meledak karena kelebihan uap dan batang2 nuklir tersebut melelehkan bangunan reaktor nuklir yang di desain untuk mengcontain mereka. Tapi seandainya anda nekat untuk renang di sana kemungkinan besar anda akan mati di tembak security sebelum nyebur ke kolam. "U

Digital Signature: Bagaimana Private Key diverifikasi Bitcoin Network tanpa membeberkan Private Key tersebut.

Untuk Membahas topik ini sebaiknya anda memahami dulu apa itu Private Key dan Public Key dalam ECDSA. Itu sudah saya bahas cukup jelas disini. Digital Signature (tanda tangan digital) memiliki dua bagian: 1. Bagian acak. 2. Bagian Signature. Ini terdiri dari Private Key + Data transaksi yang sedang kita buat tanda tangan digitalnya.   Bagian acak Mulailah dengan menghasilkan sebuah angka acak . Kemudian kalikan angka ini dengan titik generator pada kurva eliptik (titik generator yang sama digunakan saat membuat kunci publik di ECDSA). Titik generator selalu sama pada setiap operasi ECDSA bitcoin. Bagian acak dari tanda tangan digital adalah titik pada kurva yang didapatkan diatas. Tapi kita ambil koordinat x-nya saja, ini kita sebut sebagai (r) :   Ini pada dasarnya sama dengan membuat kunci privat dan kunci publik. Tapi di sini kami melakukannya untuk menambahkan elemen acak ke tanda tangan digital kami. Angka acak itu bisa didapat dari sumber entropi yang bermacam-macam dari aplik

ENTROPY: Bagaimana cara hardware wallet mendapat angka acak untuk dijadikan seed phrase (private key)?

Setiap kali anda membeli hp baru pasti diminta untuk memasukkan password atau pattern rahasia yang hanya anda yang mengetahuinya, karena jika diketahui orang lain, mereka bisa membuka hp anda dan melihat semua isinya, jika password aplikasi2 bank anda di hp tersebut ketahuan mereka bisa mencuri uang anda juga. Itulah sebabnya nomor rahasia atau password sangat penting untuk dirahasiakan dan tidak mudah ditebak. Jika password anda hanya berupa tanggal lahir anda atau anak anda, maka tentu saja itu akan sangat mudah ditebak karena data pribadi penduduk Indonesia sangat sering dibocorkan, nama, alamat, tempat tanggal lahir sudah pasti dapat diketahui, banyak juga yang mempamerkan itu semua di media sosial mereka. Jadi password pribadi harus kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Apa itu? Entahlah, mungkin nama tempat yang hanya anda yang ketahui ditambah angka dan simbol acak, atau apa saja, semakin sulit ditebak dan semakin panjang kombinasi huruf an