Skip to main content

Ringkasan Buku "The Gene: An Intimate History by Siddhartha Mukherjee" (Review dan Kutipan-Kutipan Menarik)

Sedikit kutipan2 menarik dari buku "The Gene" by Siddhartha Mukherjee.

Detail
 >>> Perempuan yang lahir dengan "sindrom Swyer" secara anatomis dan fisiologis adalah perempuan sepanjang masa kanak-kanak, tetapi tidak mencapai kematangan seksual perempuan di awal masa dewasa. Ketika sel-sel mereka diperiksa, para ahli genetika menemukan bahwa "para wanita" ini memiliki kromosom XY di semua sel mereka (normalnya perempuan memiliki kromosom XX, dan laki-laki XY). Setiap sel adalah kromosom laki-laki — namun orang yang dibangun dari sel-sel ini secara anatomis, fisiologis, dan psikologis adalah perempuan. Seorang "wanita" dengan sindrom Swyer telah dilahirkan dengan pola kromosom pria (Kromosom XY) di semua selnya, tetapi entah bagaimana gagal memberi sinyal "kejantanan" ke tubuhnya." Peter Goodfellow adalah peneliti yang menemukan hal ini, setelah di teliti di temukan bahwa gen yang mempengaruhi sindrom Swyer ini di namakan gen SRY. Ini tidak berhubungan dengan homosexuality karena wanita yang menderita sindrom Swyer secara fisik dan psikologis adalah seorang wanita normal yang 'straight'.       
Jika gen SRY adalah penentu tunggal "kejantanan" bagaimana jika dia secara paksa mengaktifkan gen ini pada hewan betina? Apakah perempuan akan dipaksa untuk berubah menjadi laki-laki? Ketika Goodfellow memasukkan salinan tambahan gen SRY ke tikus betina, keturunan mereka dilahirkan dengan kromosom XX di setiap sel (Secara genetik wanita), seperti yang diharapkan, tikus itu berkembang secara anatomis jantan — termasuk menumbuhkan penis dan testis, dan melakukan setiap karakteristik perilaku tikus jantan. Dengan menggunakan satu saklar genetik tunggal, Goodfellow telah mengubah jenis kelamin organisme — menciptakan sindrom Swyer secara terbalik.


>>> Pengaruh seperti keluarga, teman, sekolah, kepercayaan agama, dan struktur sosial dengan jelas mengubah perilaku seksual — sebanyak 48 persen saudara kembar identik salah seorang mengidentifikasi sebagai gay dan saudaranya straight (52% saudara kembar jika salah satu saudaranya gay maka yang lain juga gay) berdasarkan penelitian J. Michael Bailey terhadap 110 pasang saudara kembar. Mungkin pemicu eksternal atau internal diperlukan untuk melepaskan pola perilaku seksual yang berbeda. Tidak diragukan lagi, kepercayaan budaya yang meresap dan represif yang mengelilingi homoseksualitas cukup kuat untuk mempengaruhi pilihan identitas "straight" di satu kembar tetapi tidak yang lain. Tetapi penelitian pada saudara kembar ini memberikan bukti yang tak terbantahkan bahwa gen memengaruhi homoseksualitas lebih kuat daripada, katakanlah, gen memengaruhi kecenderungan diabetes tipe 1 (tingkat kesesuaian di antara saudara kembar hanya 30 persen), dan hampir sama kuatnya dengan gen yang memengaruhi tinggi badan (kesesuaian sekitar 55 persen) antar saudara kembar. Laki-laki gay cenderung memiliki paman gay — tetapi hanya di pihak ibu. Semakin banyak Hamer memburu pohon-pohon keluarga untuk kerabat gay — sebuah “proyek Roots gay,” demikian dia menyebutnya — semakin tren meningkat. Sepupu ibu memiliki tingkat kesesuaian yang lebih tinggi — tetapi tidak sepupu dari pihak ayah. Sepupu ibu melalui bibi cenderung memiliki kesamaan yang lebih tinggi daripada sepupu lainnya. Polanya berlari dari generasi ke generasi. Bagi seorang ahli genetika berpengalaman, tren ini berarti gen gay harus dibawa pada kromosom X. Tapi di mana pada kromosom X? Dengan menggunakan rambu-rambu sepanjang genom yang ditentukan oleh Human Genome Project, dan analisis matematis yang cermat, Hamer mulai secara berurutan mempersempit peregangan ke wilayah kromosom X yang lebih pendek dan lebih pendek. Dia menelusuri dua puluh dua rangkaian penanda di sepanjang kromosom. Khususnya, dari empat puluh saudara gay, Hamer menemukan bahwa tiga puluh tiga saudara laki-laki memiliki bagian kecil dalam kromosom X yang disebut Xq28... Di suatu tempat dekat Xq28, adalah gen yang menentukan identitas seksual pria. Pada tahun 1999, sebuah kelompok di Kanada mencoba mereplikasi penelitian Hamer pada sekelompok kecil saudara gay tetapi gagal menemukan tautan ke Xq28. Pada 2005, mungkin dalam studi terbesar hingga saat ini, 456 pasangan saudara dipelajari. Tautan ke Xq28 tidak ditemukan, tetapi tautan ke kromosom tujuh, delapan, dan sepuluh ditemukan. Pada 2015, dalam analisis terperinci lain dari 409 pasangan saudara tambahan, tautan ke Xq28 divalidasi lagi — meski lemah — dan tautan yang sebelumnya diidentifikasi ke kromosom delapan diulangi.


>>> Bruce Reimer lahir tahun 1965 mengalami malpraktik ketika di sunat dan penisnya rusak parah, operasi rekonstruktif tidak memungkinkan. Orang tuanya membawanya ke Dr. John Money, yang menyarankan mereka untuk memotong alat kelamin Bruce Reimar dan membesarkan dia sebagai seorang wanita, orang tuanya setuju dan nama Bruce di ganti menjadi Brenda. John Money adalah satu di antara banyak ahli yang percaya terhadap pandangan bahwa orientasi seksual itu adalah hasil dari produk sosial dan didikan keluarga dan lingkungan atau istilahnya 'Nurture', mereka percaya bahwa faktor Nurture ini lebih penting daripada efek alamiah dan biologis yang ada di dalam tubuh manusia alias 'Nature'. Istilah ini sering muncul di dalam ilmu biologi sebagai Nature vs. Nurture. Brenda (Bruce) di besarkan layaknya anak perempuan, di berikan mainan2 khas anak perempuan (boneka dan mesin jahit), teman2 dan gurunya tidak pernah di beritahu mengenai operasi pengubahan gender Brenda. “Brenda memiliki saudara kembar yang identik — seorang bocah lelaki bernama Brian — yang dibesarkan sebagai anak lelaki normal. Sebagai bagian dari penelitian, Brenda dan Brian mengunjungi klinik John Money di Baltimore secara berkala sepanjang masa kecil mereka. Ketika masa remaja menjelang, Money meresepkan suplemen estrogen untuk feminisasi Brenda. Konstruksi bedah vagina buatan dijadwalkan untuk menyelesaikan transformasi anatomisnya menjadi seorang wanita. Brenda akan menjadi wanita dewasa tanpa rintangan, kata Money.
Pada kenyataannya, sangat ini jauh dari kebenaran. Pada usia empat tahun, Brenda mengambil gunting dan merobek-robek gaun merah muda dan putih yang terpaksa dia kenakan. Dia menjadi marah ketika disuruh berjalan atau berbicara seperti seorang gadis. Didorong ke suatu identitas yang dia temukan ternyata salah dan sumbang, dia cemas, tertekan, bingung, sedih, dan sering marah-marah. Dalam laporan sekolahnya, Brenda digambarkan sebagai "tomboy" dan "dominan," dengan "energi fisik yang berlimpah." Dia menolak untuk bermain dengan boneka atau gadis lain, lebih memilih mainan kakaknya (satu-satunya waktu dia bermain dengan mesin jahitnya adalah ketika dia mengeluarkan obeng dari kotak alat ayahnya dan membongkar mesin itu dengan cermat, sekrup demi sekrup). Mungkin yang paling membingungkan bagi teman-teman sekelasnya, Brenda pergi ke kamar mandi gadis dengan patuh — tetapi kemudian lebih suka buang air kecil dengan kaki terbentang lebar, berdiri. Setelah empat belas tahun, Brenda mengakhiri permainan aneh ini. Dia menolak operasi vagina. Dia berhenti meminum pil estrogen, menjalani mastektomi bilateral untuk memotong jaringan payudaranya, dan mulai menyuntikkan testosteron untuk kembali menjadi seorang pria. Dia mengubah namanya menjadi David. Dia menikah dengan seorang wanita pada tahun 1990, tetapi hubungan itu tersiksa sejak awal. Bruce / Brenda / David — bocah lelaki yang menjadi perempuan yang menjadi lelaki kembali — terus memantul di antara serangan dahsyat antara kecemasan, kemarahan, penolakan, dan depresi. Dia kehilangan pekerjaannya. Pernikahan itu gagal. Pada 2004, tak lama setelah perselisihan pahit dengan istrinya, David bunuh diri (Pada pagi hari 5 Mei 2004, David Reimer berjalan ke tempat parkir sebuah toko makanan dan bunuh diri dengan senapan)Kasus David Reimer tidak unik. Pada 1970-an dan 1980-an, beberapa kasus serupa — percobaan konversi anak laki-laki secara kromosom menjadi perempuan melalui kondisi psikologis dan sosial — dijelaskan, masing-masing mengalami masalah tersendiri.
sejauh ini, tidak ada yang berhasil mengisolasi gen aktual yang memengaruhi identitas seksual (gay vs straight). Analisis keterkaitan tidak berhasil mengidentifikasi gen itu sendiri; itu hanya mengidentifikasi tempat di dalam kromosom dimana gen itu mungkin ditemukan. Setelah hampir satu dekade perburuan intensif, apa yang ditemukan para ahli genetika bukanlah "gen gay" tetapi beberapa "lokasi gay". Beberapa gen yang berada di lokasi-lokasi ini memang menggiurkan para kandidat sebagai pengatur perilaku seksual — tetapi tidak satu pun dari kandidat ini secara eksperimental memiliki kaitan dengan homo atau heteroseksualitas. Satu gen yang duduk di wilayah Xq28, misalnya, mengkodekan protein yang dikenal untuk mengatur reseptor testosteron, mediator perilaku seksual yang terkenal. Tetapi apakah gen ini adalah gen gay yang lama dicari di Xq28 masih belum diketahui.“Gen gay” bahkan mungkin bukan gen, setidaknya tidak dalam pengertian tradisional. Itu mungkin saja suatu bentangan DNA yang mengatur gen yang berada di dekatnya atau memengaruhi gen yang cukup jauh darinya. Mungkin itu terletak di dalam intron - urutan DNA yang mengganggu gen dan memecahnya menjadi modul... Penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa beberapa faktor penentu yang mempengaruhi identitas seksual adalah bagian dari genom manusia, dan ketika ahli genetika menemukan metode yang lebih kuat untuk memetakan, mengidentifikasi, dan mengkategorikan gen, kita pasti akan menemukan beberapa faktor penentu ini. Seperti halnya gender, elemen-elemen ini kemungkinan akan diatur secara hierarkis — dengan regulator utama di atas, dan integrator dan pengubah yang kompleks di bagian bawah. Namun, tidak seperti gender, identitas seksual tidak mungkin diatur oleh satu regulator utama (berbeda dengan sindrom Swyer yang hanya di atur oleh gen SRY). Beberapa gen dengan efek kecil — khususnya, gen yang memodulasi dan mengintegrasikan input dari lingkungan — jauh lebih mungkin terlibat dalam penentuan identitas seksual...
>>> Genom (DNA) manusia sudah bisa di edit dengan metode yang di sebut CRISPR/Cas9, perubahan genetik yang ditentukan sebelumnya dapat ditulis ke dalam genom: urutan ATGGGCCCG dalam gen dapat diubah menjadi ACCGCCGGG (atau urutan lain yang diinginkan). Gen fibrosis kistik mutan dapat dikoreksi ke versi tipe liar; gen untuk memberikan resistensi virus dapat dimasukkan ke dalam suatu organisme; gen BRCA1 mutan dapat dikembalikan ke tipe liar; gen Huntington yang termutasi (pengulangan kode CAGCAG di dalam DNA), bisa di edit dan dihapus "Teknik ini disebut penyuntingan genom, atau pembedahan genomik.Jennifer Doudna dan Charpentier menerbitkan data mereka tentang sistem pertahanan mikroba, yang disebut CRISPR / Cas9, di majalah Science pada 2012. Makalah ini memicu imajinasi para ahli biologi. Dalam tiga tahun sejak publikasi studi itu, penggunaan teknik ini telah meledak. Metode ini masih memiliki beberapa kendala mendasar: kadang-kadang, potongan dikirimkan ke gen yang salah. Kadang-kadang, perbaikannya tidak efisien, sehingga sulit untuk "menulis ulang" informasi ke situs tertentu dalam genom. Tapi sistem ini bekerja lebih mudah, lebih kuat, dan lebih efisien daripada metode pengubahan genom lainnya. Hanya segelintir contoh kebetulan ilmiah semacam itu yang terjadi dalam sejarah biologi. “Pertahanan mikroba misterius, yang dirancang oleh mikroba, ditemukan oleh insinyur yogurt, dan diprogram ulang oleh ahli biologi RNA, telah menciptakan pintu jebakan bagi teknologi transformatif yang telah dicari-cari oleh para ahli genetika selama puluhan tahun: metode untuk mencapai modifikasi genom manusia yang terarah, efisien, dan spesifik.
Di Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, sebuah tim yang dipimpin oleh Junjiu Huang memperoleh delapan puluh enam embrio manusia dari klinik IVF dan mencoba menggunakan sistem CRISPR / Cas9 untuk mengoreksi gen yang bertanggung jawab atas kelainan darah umum (yang di gunakan hanya embrio2 yang tidak viable dlm jangka panjang). Tujuh puluh satu embrio selamat. Dari lima puluh empat embrio yang diuji, hanya empat yang ditemukan memiliki gen yang diperbaiki. Lebih mencolok lagi, sistem tersebut ditemukan memiliki ketidakakuratan: pada sepertiga dari semua embrio yang diuji, mutasi yang tidak disengaja pada gen lain juga diakibatkan, termasuk mutasi pada gen yang penting untuk perkembangan dan kelangsungan hidup normal.
Junjiu Huang mengatakan kepada seorang jurnalis bahwa ia “berencana untuk mengurangi jumlah mutasi yang tidak tepat sasaran [menggunakan] strategi yang berbeda — men-tweak enzim untuk membimbing mereka lebih tepat ke tempat yang diinginkan, memperkenalkan enzim dalam format berbeda yang dapat membantu mengatur regulasi rentang hidup mereka dan dengan demikian memungkinkan mereka untuk ditutup sebelumnya

"Mutasi terakumulasi." Dalam beberapa bulan, dia berharap dapat mencoba variasi percobaan lain — kali ini, dia berharap, dengan efisiensi dan kesetiaan yang jauh lebih tinggi. Dia tidak melebih-lebihkan: teknologi untuk memodifikasi genom embrio manusia mungkin rumit, tidak efisien, dan tidak akurat — tetapi itu tidak terletak di luar jangkauan ilmiah.
Pada tulisan ini, empat kelompok lain di Cina dilaporkan bekerja untuk memperkenalkan mutasi permanen pada embrio manusia. Pada saat buku ini diterbitkan, saya tidak akan terkejut jika modifikasi genom yang ditargetkan dan berhasil pertama dari embrio manusia telah dicapai di laboratorium. Manusia "post-genomic" pertama mungkin sedang dalam perjalanan untuk dilahirkan.



>>> Meskipun kita sepenuhnya memahami kode genetik — yaitu, bagaimana informasi dalam satu gen digunakan untuk membangun protein — kita hampir tidak memahami apa pun tentang kode genomik — yaitu, bagaimana banyak gen menyebar di seluruh gen manusia, mengkoordinasikan ekspresi gen dalam ruang dan waktu untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki organisme manusia. Kode genetik itu sederhana: DNA digunakan untuk membangun RNA, dan RNA digunakan untuk membangun protein. Tiga basa dalam DNA menentukan satu asam amino dalam protein. Kode genomik itu rumit: bersama gen ada urutan DNA yang mengandung informasi yang menentukan kapan dan di mana mengekspresikan gen. Kita tidak tahu mengapa gen tertentu berada di lokasi geografis tertentu dalam genom, dan bagaimana saluran DNA yang terletak di antara gen mengatur dan mengoordinasikan fisiologi gen. Ada kode di luar kode, seperti gunung di luar gunung.


>>> manusia memiliki 3.088.286.401 huruf DNA (kurang-lebih sedikit). Jika di umpamakan sebagai buku dengan font ukuran standar, hanya akan berisi empat huruf. . . AGCTTGCAGGGG. . . dan seterusnya, membentang, tak dapat dipahami, halaman demi halaman, lebih dari 1,5 juta halaman — enam puluh enam kali ukuran Encyclopaedia Britannica.


>>> Genom manusia menyandikan sekitar 20.687 gen secara total — hanya 1.796 lebih banyak daripada cacing, 12.000 lebih sedikit dari jagung, dan 25.000 lebih sedikit gen daripada beras atau gandum. Perbedaan antara "manusia" dan "sereal sarapan" bukan masalah jumlah gen, tetapi kecanggihan jaringan gen...


>>> Gen, anehnya, hanya sebagian kecil dari genom manusia. Proporsi yang sangat besar — ​​98 persen yang membingungkan — tidak didedikasikan untuk gen secara langsung, tetapi untuk rentang DNA yang sangat besar yang diselingi antara gen (DNA intergenik) atau di dalam gen (intron). Bentangan panjang ini tidak mengkode RNA dan protein: mereka ada dalam genom baik karena mereka mengatur ekspresi gen, atau karena alasan yang belum kita pahami, atau karena tidak ada alasan sama sekali (yaitu, mereka adalah "sampah/junk" DNA). Jika genom itu adalah garis yang membentang melintasi Samudra Atlantik, antara Amerika dan Eropa, gen akan terlihat seperti bintik-bintik pulau kecil yang berserakan di bentangan samudra yang panjang dan gelap, jika di sambung dari ujung ke ujung, bintik-bintik ini tidak akan lebih panjang dari pulau Galápagos yg terbesar atau jalur kereta api di kota Tokyo.


>>> Genom Berisi ribuan pseudogen - gen yang dulunya berfungsi tetapi telah menjadi tidak berfungsi, yaitu, mereka tidak menimbulkan protein atau RNA. Bangkai gen yang tidak aktif ini berserakan, seperti fosil yang membusuk di pantai.


>>> Genom mengakomodasi variasi yang cukup untuk membuat masing-masing kita berbeda, namun konsistensi yang cukup untuk membuat setiap anggota spesies kita sangat berbeda dari simpanse dan bonobo, yang genomnya 96 persen identik dengan kita.


>>> Genom memiliki elemen berulang yang sering muncul. Urutan tiga ratus basa yang misterius yang disebut Alu, muncul dan muncul kembali puluhan ribu kali, meskipun asal-usulnya, fungsinya, atau signifikansinya tidak diketahui.


>>> Genom penuh dengan sejarah. Tertanam di dalamnya adalah bagian-bagian aneh dari DNA — beberapa berasal dari virus purba — yang dimasukkan ke dalam genom di masa lalu yang jauh dan telah dibawa secara pasif selama ribuan tahun sejak saat itu. Beberapa dari fragmen ini dulunya mampu "melompat" secara aktif antara gen dan organisme, tetapi sekarang sebagian besar telah dinonaktifkan dan dibungkam. Seperti penjual keliling yang tidak aktif, potongan-potongan ini ditambatkan secara permanen ke genom kita, tidak dapat bergerak atau keluar. Fragmen-fragmen ini jauh lebih umum daripada gen, menghasilkan kekhasan utama genom kita: sebagian besar genom manusia bukanlah manusia. (8% genom manusia adalah gen virus yang sudah tidak aktif - viral genes)


>>> Genom manusia dibagi menjadi dua puluh tiga pasang kromosom — empat puluh enam seluruhnya — di sebagian besar sel dalam tubuh. Semua kera lain, termasuk gorila, simpanse, dan orangutan, memiliki dua puluh empat pasang (48 total). Pada titik tertentu dalam evolusi hominid, dua kromosom berukuran sedang di beberapa kera leluhur menyatu untuk membentuk satu. Genom manusia berpisah dengan dari genom kera beberapa juta tahun yang lalu, memperoleh mutasi dan variasi baru dari waktu ke waktu.




>>> Genom Mencetak dan menghapus tanda kimia pada dirinya sendiri sebagai tanggapan terhadap perubahan dalam lingkungannya — dengan demikian mengkode sejenis memori seluler.


>>> Genom itu dinamis. Dalam beberapa sel, dia mengubah urutan sendiri untuk membuat varian baru dari dirinya. Sel-sel sistem kekebalan tubuh mengeluarkan "antibodi" — protein yang seperti roket yang dirancang untuk menempel pada patogen yang menyerang. Tetapi karena patogen terus berevolusi, antibodi juga harus mampu berubah; suatu patogen yang berevolusi menuntut induk yang terus berevolusi. Genom berhasil berevolusi dengan mengacak-ulang elemen genetiknya — sehingga mencapai keanekaragaman yang luar biasa (Perumpamaan: s... tru ... c ... t ... ure dan g ... en ... ome dapat diacak ulang untuk membentuk keseluruhan kata baru c ... ome ... t). Gen-gen hasil perombakan menghasilkan keragaman antibodi. Dalam sel-sel ini, setiap genom mampu memunculkan genom yang sama sekali berbeda.
>>> Dia siap untuk berevolusi. Dia penuh dengan puing-puing masa lalu.


>>> Dia sangat sulit dipahami, rentan, ulet, mudah beradaptasi, berulang, dan unik.


>>> Gen yang menyebabkan penyakit jiwa seperti schizophrenia dan bipolar disorder mungkin juga menyebabkan kreativitas tinggi di bidang2 lain seperti seni musik, komedi, matematika, dll. "Jika Anda tidak dapat memisahkan fenotip penyakit mental dari dorongan kreatif, maka Anda tidak dapat memisahkan genotipe penyakit mental dan dorongan kreatif. Gen yang "menyebabkan" satu (penyakit bipolar) akan "menyebabkan" yang lain (efervesensi kreatif). Teka-teki ini membawa kita pada pemahaman Victor McKusick tentang penyakit — bukan sebagai cacat absolut tetapi sebagai ketidaksesuaian relatif antara genotipe dan lingkungan. Seorang anak dengan bentuk autisme yang berfungsi tinggi mungkin terganggu di dunia ini, tetapi mungkin hiperfungsional di dunia lain — dimana kinerja perhitungan aritmatika kompleks, atau pemilahan objek berdasarkan gradasi warna paling halus, adalah persyaratan untuk bertahan hidup atau sukses."Beberapa gen yang diidentifikasi dalam varian tertentu skizofrenia atau penyakit bipolar sebenarnya menambah kemampuan tertentu. Jika varian yang paling patologis dari penyakit mental dapat disaring atau dibedakan dari varian yang berfungsi tinggi hanya dengan gen atau kombinasi gen saja, maka kita bisa berharap untuk tes seperti itu. Tetapi jauh lebih mungkin bahwa tes seperti itu akan memiliki batas yang melekat: sebagian besar gen yang menyebabkan penyakit dalam satu keadaan mungkin adalah gen yang menyebabkan kreativitas sangat fungsional di area lainnya (misalnya seni, matematika, dll). Seperti yang dikatakan Edvard Munch, “[Masalah saya] adalah bagian dari saya dan seni saya. Mereka tidak bisa dibedakan dari saya, dan [perawatan] akan menghancurkan seni saya. Saya ingin mempertahankan penderitaan itu.”
Dalam buku "Touched with Fire", sebuah studi otoritatif tentang hubungan antara kegilaan dan kreativitas, psikolog-penulis Kay Redfield Jamison menyusun daftar orang-orang yang "kurang lebih tersentuh (kegilaan)"... Byron, van Gogh, Virginia Woolf, Sylvia Plath, Anne Sexton, Robert Lowell, Jack Kerouac — dan seterusnya. Daftar itu dapat diperluas untuk mencakup para ilmuwan (Isaac Newton, John Nash), musisi (Mozart, Beethoven), dan seorang penghibur yang membangun seluruh genre dari mania sebelum menyerah pada depresi dan bunuh diri (Robin Williams). Hans Asperger, psikolog yang pertama kali menggambarkan anak-anak dengan autisme, menyebut mereka "profesor kecil" karena alasan yang baik. Anak-anak yang canggung, canggung secara sosial, atau bahkan bahasa, hampir tidak berfungsi di satu dunia "normal", dapat menghasilkan versi Gymnopédies Satie yang paling halus di piano atau menghitung faktorial delapan belas dalam tujuh detik.


jika ada keanehan mungkin karena terjemahan yang kurang tepat, cmiiw.


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kita Bisa Berenang di Kolam Penyimpanan Sisa Bahan Bakar Nuklir? Spent Nuclear Fuel Pool - The Forbidden Pool

Ini adalah foto kolam penyimpanan sisa bahan bakar reaktor nuklir. Katanya kalau renang di sana anda tidak akan kena radiasi mematikan kecuali mendekati batang-batang nuklir (rods) yang di simpan di peti di dasar kolam. Suhu air dalam kolam juga tidak begitu panas sekitar 35 derajat Celcius karena kolam selalu di isi ulang dengan air dingin murni secara berkala. Sementara di dalam reaktor yang aktif beroprasi batang2 nuklir (rods) bisa membuat air mendidih sampai 300 derajat Celcius sehingga menghasilkan uap yang di alirkan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Jika air pendingin tidak di ganti secara berkala itu bisa mengakibatkan bencana nuclear meltdown seperti yang terjadi di Chernobyl dimana reaktor meledak karena kelebihan uap dan batang2 nuklir tersebut melelehkan bangunan reaktor nuklir yang di desain untuk mengcontain mereka. Tapi seandainya anda nekat untuk renang di sana kemungkinan besar anda akan mati di tembak security sebelum nyebur ke kolam. "U

Digital Signature: Bagaimana Private Key diverifikasi Bitcoin Network tanpa membeberkan Private Key tersebut.

Untuk Membahas topik ini sebaiknya anda memahami dulu apa itu Private Key dan Public Key dalam ECDSA. Itu sudah saya bahas cukup jelas disini. Digital Signature (tanda tangan digital) memiliki dua bagian: 1. Bagian acak. 2. Bagian Signature. Ini terdiri dari Private Key + Data transaksi yang sedang kita buat tanda tangan digitalnya.   Bagian acak Mulailah dengan menghasilkan sebuah angka acak . Kemudian kalikan angka ini dengan titik generator pada kurva eliptik (titik generator yang sama digunakan saat membuat kunci publik di ECDSA). Titik generator selalu sama pada setiap operasi ECDSA bitcoin. Bagian acak dari tanda tangan digital adalah titik pada kurva yang didapatkan diatas. Tapi kita ambil koordinat x-nya saja, ini kita sebut sebagai (r) :   Ini pada dasarnya sama dengan membuat kunci privat dan kunci publik. Tapi di sini kami melakukannya untuk menambahkan elemen acak ke tanda tangan digital kami. Angka acak itu bisa didapat dari sumber entropi yang bermacam-macam dari aplik

ENTROPY: Bagaimana cara hardware wallet mendapat angka acak untuk dijadikan seed phrase (private key)?

Setiap kali anda membeli hp baru pasti diminta untuk memasukkan password atau pattern rahasia yang hanya anda yang mengetahuinya, karena jika diketahui orang lain, mereka bisa membuka hp anda dan melihat semua isinya, jika password aplikasi2 bank anda di hp tersebut ketahuan mereka bisa mencuri uang anda juga. Itulah sebabnya nomor rahasia atau password sangat penting untuk dirahasiakan dan tidak mudah ditebak. Jika password anda hanya berupa tanggal lahir anda atau anak anda, maka tentu saja itu akan sangat mudah ditebak karena data pribadi penduduk Indonesia sangat sering dibocorkan, nama, alamat, tempat tanggal lahir sudah pasti dapat diketahui, banyak juga yang mempamerkan itu semua di media sosial mereka. Jadi password pribadi harus kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Apa itu? Entahlah, mungkin nama tempat yang hanya anda yang ketahui ditambah angka dan simbol acak, atau apa saja, semakin sulit ditebak dan semakin panjang kombinasi huruf an