Skip to main content

Apa itu Flash Loan?

Anda bisa meminjam $2,000,000 dengan modal $200 jika $2,000,000 itu langsung dibayar kembali di satu transaksi yang bersamaan di Ethereum atau platform Smart Contract lainnya seperti BSC.

Logikanya begini: Seandainya ada 1% perbedaan harga token X di Sushiswap dan Uniswap dan ada orderbook/volume trading sebanyak $2,000,000 atau lebih.

1. Pinjam $2,000,000 dai Dex seperti Aave.
2. Beli token X seharga $2,000,000 di Sushiswap.
3. Jual token X seharga $2,020,000 di Uniswap.
4. Bayar kembali pinjaman $2,000,000 ke Aave.

Anda hanya akan di charge gas fee untuk transaksi ini, transaksi smart contract itu akan semakin mahal jika semakin banyak baris kode yang ada didalamnya, jadi programmer selalu mencari cara untuk mensederhanan dan mengurangi kode yang digunakan, karena setiap proses komputasi kena charge di Jaringan Ethereum, jadi dika ada proses komputasi yg bisa dilakukan off chain atau manual mereka akan menggunakan itu, jadi jangan heran jika gas fee menjalankan smart contract Ethereum bisa sampe $200 atau bahkan lebih karena setiap byte code kena charge.

Tapi jika transaksi arbitrage dengan flashloan ini sukses anda tetap profit $19800. Memory pool atau mempool Ethereum dipenuhi bot yang menscan kesempatan arbitrage seperti itu, jika ditemukan bisa jadi transaksi anda di copy dan digunakan mereka, mereka akan menaikkan gas fee sehingga transaksi merekalah yang didahulukan miner. Jadi ada perang strategi antar peneliti arbitrage dan antar bot di Mempool. Makanya Mempool Ethereum itu disebut Dark Forest dan ada banyak Monster yg hidup di sana.

Tantangannya adalah mencari kesempatan arbitrage dengan menscan market untuk perbedaan harga token tertentu, dan mengalahkan bot. Sampai sekarang saya belum ketemu platform yg menyediakan data perbedaan harga token tertentu di DEX yg berbeda untuk cari kesempatan arbitrage. Dan saya tidak bisa koding arbitrage bot. Beberapa link yg related (hati2 krn banyak potensi scam 'too good to be true') and don't invest money you're not willing to lose:

1. https://www.paradigm.xyz/2020/08/ethereum-is-a-dark-forest

2. https://youtu.be/Aw7yvGFtOvI

3. https://youtu.be/iUi64wN8MVU

4. https://youtu.be/7ZhS_kmdLlQ

5. https://youtu.be/YlPJXD3LlKI


Comments

Popular posts from this blog

5 Kesalah Pahaman Tentang Teori Evolusi (Part I)

1. Jika manusia berevolusi dari monyet, mengapa masih ada monyet? atau mengapa monyet tersebut tidak berevolusi menjadi manusia? Manusia tidak berevolusi dari kera/monyet, melainkan monyet/kera dan manusia sama-sama berevolusi dari nenek moyang yang sama, yang hidup jutaan tahun yang lalu. Begitu juga dengan hewan-hewan dan tumbuhan lainnya, kita semua sama-sama berevolusi dari common ancestor (nenek moyang yang sama). Karena proses evolusi membutuhkan waktu miliaran tahun, maka waktu hidup kita yang hanya rata-rata 60 tahun ini terlalu pendek untuk dapat menyaksikan proses ini. Oleh karena itulah ilmuan pergi menggali fossil di seluruh dunia untuk menemukan tulang belulang nenek moyang kita yang sudah punah tersebut. Dari situlah di temukan bahwa pada lapisan-lapisan bumi yang lebih tua, terdapat fossil-fossil mahluk hidup yang telah punah, terlihat jelas transisi dari makhluk yang lebih sederhana (mikroorganisme) menuju yang lebih kompleks. Misalnya, pada lapisan bum...

Apakah Kutub Utara Mengalami Pergeseran? Apakah Matahari Akan Terbit Dari Barat?

Ini jawaban detail dari European Space Agency (ESA): 1. Yang berubah itu magnetic pole, geographic pole tetap sama, jadi yang berubah hanya arah North South di kompass anda, tapi matahari tetap terbit di tempat yang sama, karena poros dan arah rot asi bumi tetap sama, cuma kompass anda saja yang berubah arah jarumnya. "Unlike our geographic North Pole, which is in a fixed location, magnetic north wanders. This has been known since it was first measured in 1831, and subsequently mapped drifting slowly from the Canadian Arctic towards Siberia. One of the practical consequences of this is that the World Magnetic Model has to be updated periodically with the pole’s current location. The model is vital for many navigation systems used by ships, Google maps and smartphones, for example. Between 1990 and 2005 magnetic north accelerated from its historic speed of 0–15 km a year, to its present speed of 50–60 km a year. In late October 2017, it crossed the international date l...

WHY NATIONS FAIL? (MENGAPA NEGARA - NEGARA GAGAL?)

Terinspirasi dari buku Why Nations Fail – The Origins of Power, Prosperity, and Poverty ‘Mengapa Negara - Negara Gagal – Asal usul Kekuatan, Kemakmuran, dan Kemiskinan’ Anda mungkin penasaran dan sering bertanya mengapa Amreika Serikat kaya sedangkan Indonesia miskin. Mengapa Korea Utara dan Korea Selatan yang hanya berbataskan pagar memiliki derajat kemakmuran yang sangat jauh berbeda. Mengapa Revolusi Industri yang menentukan kemakmuran Negara terjadi di Inggris tidak di India, Meksiko atau Indonesia. Apakah kekayaan dan kemajuan suatu Negara di tentukan oleh kekayaan alam negaranya, budaya dan ras penduduknya, Iklimnya, atau institusi pemerintahannya. Hal inilah yang di kupas di dalam buku Why Nations Fail karya Daron Acemoglu dan James A Robinson. Negara yang makmur pada umumnya memiliki institusi pemerintahan yang inclusive/terbuka, dimana kekuasaan pemerintah tidak absolut dan tertutup. Kekuasaan tidak hanya ada di tangan raja dan pengikut setianya, tetapi ...